Tips Investasi Apartemen untuk Pemula

Apakah Anda tertarik untuk investasi apartemen? Simak tips investasi apartemen berikut ini.

Investasi apartemen merupakan salah satu jenis investasi yang menarik, khususnya bagi pemula yang ingin memulai investasi properti. Selain dapat dijadikan investasi jangka panjang, Anda juga bisa mendapatkan pendapatan pasif setiap bulannya. Apalagi harga properti dan sewa apartemen terus mengalami peningkatan setiap tahun, sehingga investasi ini sangat menjanjikan.


Walaupun investasi apartemen memiliki prospek yang bagus, Anda tetap harus mempertimbangkan beberapa hal agar terhindar dari resiko yang tidak diinginkan. Artikel ini akan mengulas tentang tips investasi apartemen, khususnya untuk Anda yang baru tertarik untuk memulai. Simak ya!

1. Lakukan riset pasar yang mendalam

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan riset pasar properti, khususnya pasar apartemen secara mendalam. Pelajari tren pasar properti saat ini, seperti jenis apartemen yang diminati, perkiraan lokasi yang potensial, serta harga sewa dan harga jual apartemen. Selain itu, Anda juga perlu mempelajari potensi pertumbuhan harga apartemen dalam beberapa tahun mendatang. Dengan memahami tren pasar properti, Anda dapat lebih bijak dalam memutuskan mengambil unit apartemen.

Dalam melakukan riset pasar, jangan lupa juga untuk memperhatikan faktor-faktor lainnya, mulai dari infrastruktur yang tersedia, fasilitas pada unit, potensi disewakan kembali, dan pertimbangan lainnya.

2. Pertimbangkan lokasi yang strategis

Tips selanjutnya adalah pertimbangkan untuk memilih apartemen dengan lokasi yang strategis. Hal ini dikarenakan lokasi apartemen memiliki peran penting dalam menentukan kesuksesan investasi. Jika apartemen yang Anda miliki berlokasi di tempat yang strategis, tentunya akan membuat unit lebih mudah untuk disewakan kembali.

Beberapa pertimbangan yang bisa diperhatikan dalam memilih lokasi diantaranya adalah akses menuju fasilitas umum, keberadaan pusat perbelanjaan, pusat bisnis, serta akses transportasi. Pertimbangkan juga untuk memilih apartemen yang dekat dari perkantoran atau universitas agar potensi penyewa semakin tinggi. Jangan lupa juga untuk memperhatikan perkembangan dan kondisi wilayah serta kemudahan akses untuk menjangkau area apartemen.

Salah satu kawasan potensial untuk investasi adalahApartemen Gading Serpong yang dekat dari pusat bisnis, perkantoran dan pusat perbelanjaan. Area Gading Serpong juga dekat dari akses tol yang terhubung ke berbagai kota. Dengan potensi tersebut, tentunya Anda bisa mendapatkan keuntungan investasi apartemen dengan maksimal.

3. Periksa kondisi bangunan dengan detail

Memeriksa kondisi bangunan merupakan tips investasi apartemen yang harus Anda lakukan. Sebelum memutuskan untuk membeli unit, periksa kondisi fisik bangunan, mulai dari instalasi listrik, pipa, hingga sistem sanitasi. Pastikan kondisi bangunan apartemen tidak memiliki masalah yang serius agar terhindar dari kerusakan parah di masa yang akan datang.

Jika Anda merasa ragu untuk memeriksa sendiri, mintalah bantuan profesional untuk membantu dalam mengecek kualitas bangunan apartemen. Hal ini bertujuan agar Anda terhindar dari resiko kerugian di masa yang akan datang.

4. Hitung perkiraan keuntungan dan resiko

Dalam investasi, memperkirakan keuntungan dan resiko adalah hal penting yang perlu dilakukan. Sebelum memutuskan untuk investasi apartemen, cobalah untuk menghitung kembali potensi keuntungan dan resiko yang mungkin akan dihadapi. Perhitungkan perkiraan biaya sewa serta besaran biaya operasional yang akan dikeluarkan ketika memiliki apartemen. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan resiko seperti perubahan minat pasar serta potensi kerugian finansial jika apartemen belum tersewa dalam jangka waktu tertentu.

Ketika memutuskan untuk investasi apartemen, jangan lupa menyiapkan dana cadangan untuk menghadapi situasi yang tidak terduga. Pastikan bahwa keuangan Anda dalam kondisi baik dan siap untuk melakukan investasi. Jangan lupa juga untuk memastikan aliran kas keuangan yang dihasilkan dari apartemen dapat memberikan hasil yang layak.

5. Jangan terburu-buru menjual apartemen kembali

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh investor properti pemula adalah terburu-buru menjual kembali properti dalam waktu singkat. Dalam investasi properti, Anda membutuhkan waktu untuk mendapatkan hasil yang optimal. Sebaiknya, pertahankan properti, termasuk apartemen dalam jangka waktu panjang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi.

Dalam investasi properti apartemen, dari pada menjualnya secara terburu-buru, lebih baik Anda jadikan apartemen sebagai sumber pendapatan pasif dengan menyewakannya. Jika Anda memang berniat untuk menjual kembali apartemen, jangan lupa untuk memperhatikan harga pasaran yang sedang berlaku.

6. Sewakan apartemen dengan harga kompetitif

Tips investasi apartemen yang paling terpenting adalah menyewakannya dengan harga yang kompetitif. Lakukan riset secara mendalam tentang harga sewa yang sedang berlaku dan tetaplah kompetitif. Dalam menentukan harga, jangan mematok harga yang terlalu tinggi karena dapat menyebabkan apartemen sulit tersewa. Namun jangan juga menyewakannya dengan harga yang sangat rendah, karena akan menyulitkan Anda untuk mendapat keuntungan maksimal.

Ketika melakukan riset harga, perhatikan harga sewa apartemen lainnya yang sejenis dengan apartemen milik Anda. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan harga sewa yang sedang berlaku di lokasi apartemen.

Itulah beberapa tips investasi apartemen yang bisa Anda lakukan sebagai pemula. Investasi apartemen dapat menjadi sumber pendapatan yang menguntungkan jika dilakukan dengan bijaksana. Dengan mengikuti tips-tips di tersebut, Anda dapat memaksimalkan keuntungan dari investasi apartemen.

Jika Anda ingin menyewakan apartemen dengan mudah, titipkan unit di Jendela360 yang merupakan platform sewa dan jual beli apartemen terbaik di Indonesia. Jendela360 siap membantu dalam mengurus proses sewa unit sampai tuntas. Titipkan unit apartemen hanya di Jendela360!