10 Tempat Parkir Mobil Paling Keren di Dunia

Inilah 10 tempat parkir mobil paling keren di dunia. Areal parkir kendaraan terutama mobil biasanya memiliki reputasi yang buruk. Jika areal parkir itu berupa gedung, maka basement adalah tempat paling banyak. Secara lingkungan, areal parkir mobil jamak-nya selalu tidak bersahabat. Apalagi jika bicara struktur dan arsitektur. Tempat, bangunan atau areal parkir selalu saja bukan objek yang menarik untuk dilihat.

Tentu itu adalah persepsi semua kita tentang areal parkir mobil. Bagaimana jika ada tempat parkir yang memiliki arsitektur menawan sekaligus bersahabat bagi lingkungan? Mungkin istilah lainnya sesuai dengan standar AMDAL?

Beberapa waktu lalu sebuah website bernama Stress Free Airport Parking (Stress Free Airport Parking) (namanya lucu), meluncurkan sebuah penghargaan dengan nama: World’s Coolest Car Park atau Areal Parkir Mobil Paling Keren se Dunia.

1. Millennium Point

Tempat parkir kendaraan ini terletak di kota Birmingham, Inggris. Didesain oleh by tim dewan kota Birmingham , Millennium Point memiliki panel akrilik warna biru yang menghadirkan efek semacam kotak cahaya di antara beranda berbentuk kubus-nya.

Tempat Parkir Mobil Paling Keren di Dunia - Millennium Point Car Park

2. Bioskop Michigan

Gedung parkir mobil ini berada di kota Detroit, Amerika Serikat. Pintu masuk area parkir di kota motor ini masih dalam bentuk aslinya yang memang bioskop. Ketika bioskop tersebut pada akhirnya bangkrut dan ditutup, para arsitek tidak menghancurkan-nya karena khawatir berdampak pada sekitarnya gedung. Lalu dijadikannya sebagai areal parkir kendaraan. Memang terlihat aneh tapi unik dengan kombinasi ornament klasik dan sedikit efek reruntuhan.

Tempat Parkir Mobil Paling Keren di Dunia - Michigan Theatre Car Park

3. Veranda

Dibangun di kota Rotterdam, Belanda, Adalah Paul de Ruiter sang arsitek tempat ini dengan rancangannya ingin membuat upaya penyadaran akan pentingnya areal parkir yang baik. Lalu dibangunnya gedung di sekitar area kosong dengan arsitektur menonjol baik dari luar maupun dalam.

Tempat Parkir Mobil Paling Keren di Dunia -

4. Charles Street

Parkir mobil keren ke 4 dari 10 tempat parkir mobil paling keren di dunia ini berada di kota Sheffield, Inggris. Didesain oleh Allies and Morrison dan diberi nama “The Sheffield Cheese Grater” yang berarti alat memarut keju di kota Sheffield, bagian depan bangunan yang terlihat kaku ini dibuat dengan elemen ornamen panel berukuran tertentu yang dibuat mengarah ke bermacam sudut. Hal itu malah menciptakan efek pencahayaan dengan pola yang memantul ke bagian dalam gedung.

Tempat Parkir Mobil Paling Keren di Dunia - Charles Street Car Park

5. 1111 Lincoln Road

Selanjutnya tempat parkir mobil paling keren di dunia nomor lima berada di kota Miami, Amerika Serikat. Di jalan 1111 Lincoln Road, Herzog & de Meuron membangun sebuah struktur bangunan yang terang-terangan menjelaskan fungsinya sebagai lokasi parkir mobil.

Tempat Parkir Mobil Paling Keren di Dunia - 1111 Lincoln Road Car Park

6. Car Park Plaza, Cajnovas, Spain

Area parkir kendaraan ini berada di kota Cajnovas, Spanyol. Didesain oleh Teresa Sapey Architecture, gedung ini dibuat dengan menggunakan warna-warna dan grafis yang kuat dengan tujuan menghadirkan pengalaman baru merasakan area parkir yang berbeda bagi penggunanya. Setiap bagian dari grafis yang didesain dibuat dengan memiliki hubungan tertentu dengan kota Cajnovas. Kemudian desain disempurnakan dengan skema pencahayaan yang membantu navigasi sepanjang area parkir itu.

Tempat Parkir Mobil Paling Keren di Dunia - Car Park Plaza

7. Ballet Valet Parking Garage, Miami, USA

Bangunan tempat parkir ini ada di kota Miami, Amerika Serikat dan terletak di lokasi jalan yang padat tempat perbelanjaan. Gedung ini nampak tertutupi oleh tumbuhan hijau yang menghadirkan efek lembut pada penampilannya sekaligus mengurangi kejenuhan pemandangan lain yang monoton di sepanjang area Lower South Beach area of Miami.

Tempat Parkir Mobil Paling Keren di Dunia - Ballet Valet Parking Garage

8. Cordova Parkade

Dirancang sebagai bagian dari regenerasi pusat kota Vancouver, Kanada, Cordova Parkade ini menggabungkan serpihan-serpihan jembatan tua ke dalam desain-nya. Desain muka gedung dan granit yang digunakan dibuat menggunakan gaya struktur bersejarah kota Vancouver.

Tempat Parkir Mobil Paling Keren di Dunia - Cordova Parkade

9. Parc des Celestins, Lyon, France

Area parkir ini terletak di bawah tanah sehingga rancangan arsitekturnya sangat serius dalam urusan pencahayaan. Di dalam gedung parkir yang berada di kota Lyon, Perancis ini akan ada banyak cermin guna memantulkan pencahayaan utama yang berada di tengah-tengah gedung.

Tempat Parkir Mobil Paling Keren di Dunia - Parc des Celestins

10. Eureka Tower Car Park, Melbourne, Australia

Areal parkir ini benar-benar cerdas dalam mengaplikasikan grafik di sepanjang areal bangunan. Grafis warna dari cat dibuat dengan huruf-huruf raksasa pada dinding dan lantai ini berfungsi sebagai petunjuk arah. Grafis-grafis yang didesain juga dibuat dengan teknik perspektif sehingga tidak membingungkan para pemilik kendaraan.

Tempat Parkir Mobil Paling Keren di Dunia - Eureka Tower Car Park

Save