7 Tips Mendesain Kantor di Rumah

Ingin ngantor dari rumah? Simak dulu 7 tips mendesain kantor di rumah ini. Desain rumah kantor yang menawan tetap Anda diperlukan meski hanya berupa ruang untuk menjalankan bisnis, berkomunikasi sesekali, atau hanya sebuah sudut untuk membayar tagihan dan mengatur jadwal saja.

Anda tetap membutuhkan sesuatu yang lebih dari pada sebuah meja berbahan metal dan kursi tambahan yang diletakan di sudut. Untuk itu, berikut ini adalah tujuh tips untuk membuat ruang kerja yang menawan, dan praktis.

1. Lokasi

Anda mungkin menghabiskan waktu berjam-jam di rumah kantor Anda, jadi pelit dalam menggunakan ruang, misalnya dengan menempatkan sebuah meja kecil menghadap ke lemari untuk mejaga ruang tamu yang jarang digunakan. Selain itu, pertimbangkan lalu lalang orang dan kemampuan Anda untuk menahan gangguan.

Apakah Anda dapat bekerja dengan baik di tengah-tengah aktivitas lainnya, atau harus kantor dengan kondisi ruangan yang tenang? Jika akan ada klien yang harus menunggu, pastikan Anda memiliki ruang khusus dengan tempat duduk yang cukup banyak.

2. Jangan korbankan bentuk dan melupakan fungsi furnitur

Meja, rak, dan lemari penyimpanan harus dapat melayani Anda, dan bukan sebaliknya. Pertimbangkan alur kerja Anda serta item apa yang Anda butuhkan sebelum membeli furniture, kemudian cari furnitur yang indah dan fungsional. Furnitur pada rumah kantor harus melengkapi ruang lain di dalam rumah Anda, bukannya saling bertolak belakang.

Jika rumah Anda memiliki dekorasi tradisional, maka penggunaan material kayu yang hangat dan lembut dengan kursi yang nyaman atau loveseat adalah pilihan ideal. Rumah kantor kontemporer dapat menonjolkan seni artistik atau furnitur modern dari bahan logam.

3. Berinvestasi pada kursi

Anda akan menghabiskan berjam-jam untuk duduk di kursi kantor Anda. Untuk itu pilihlah kursi yang indah, ergonomis, dan nyaman.

4. Warna cat dinding yang Anda suka

Lupakan kantor dengan warna beige, sebab Anda perlu warna yang dapat meningkatkan gairah kerja Anda. Bagi beberapa orang, itu artinya warna yang cerah, ceria seperti jeruk atau hijau limau. Semantara yang lainnya perlu warna yang menenangkan seperti hijau dedaunan atau biru laut.

Anda dapat mencari tahu lebih lanjut tentang bagaimana warna tertentu dapat mempengaruhi suasana hati Anda.

5. Pemandangan untuk diri Anda sendiri

Anda sebaiknya memposisikan meja agar dapat melihat sesuatu yang menarik bukan hanya memandang tembok kosong, setelah menatap layar monitor selama beberapa lam.

Pilihan idelanya adalah menghadap ke jendela dengan cahaya alami, tetapi jika ruang Anda tidak memiliki jendela, Anda dapat memajang gambar yang indah di atas meja, atau mengubah posisi kursi menghadapi ke pintu.

6. Barang elektronik Anda

Tidak banyak yang dapat Anda lakukan untuk memperindah komputer, printer, dan telepon, tapi Anda dapat menyembunyikan kabel dari barang-barang elektronik tersebut. Mulailah dengan memastikan peralatan elektronik Anda dekat dengan stopkontak dan mudah diakses jika Anda harus mencabutnya.

Kemudian Anda dapat menutupi kabel yang terlihat di meja di dengan kain penutup yang cantik. Sementara kabel yang berseliweran di lantai dapat diikat dengan wire organizer.

7. Pencahayaan

Pastikan kantor Anda memiliki banyak cahaya untuk mengurangi ketegangan pada mata dan sakit kepala. Untuk itu Anda harus memosisikan monitor komputer dengan baik agar tidak silau jika berdekatan dengan jendela atau cahaya yang berlebihan, dan letakan lampu kecil di atas meja untuk pencahayaan pada meja kerja.

Demikianlah 7 tips mendesain kantor di rumah. Semoga informasi tersebut menjadi inspirasi bagi Anda untuk mengubah desain rumah kantor.

17 Contoh Desain Kantor di Rumah

Berikut ini contoh-contoh desain kantor dari rumah yang bisa saja mendatangkan ide dan referensi untuk Anda. Saya ambilkan dari website: https://www.realsimple.com

1. Bedtime Routine

7 Tips Mendesain Kantor di Rumah - Interior kantor rumah - Bedtime Routine

2. Blue Crush

7 Tips Mendesain Kantor di Rumah - Interior kantor rumah - The Great Wall

3. Color Story

7 Tips Mendesain Kantor di Rumah - Interior kantor rumah - Color Story

4. Corner Confidential

7 Tips Mendesain Kantor di Rumah - Interior kantor rumah - Corner Confidential

5. Divide and Conquer

7 Tips Mendesain Kantor di Rumah - Interior kantor rumah - Divide and Conquer

6. Double-Duty Decorating

7 Tips Mendesain Kantor di Rumah - Interior kantor rumah - Double-Duty Decorating

7. Flower Power

7 Tips Mendesain Kantor di Rumah - Interior kantor rumah - Flower Power

8. Formal Affair

7 Tips Mendesain Kantor di Rumah - Interior kantor rumah - Formal Affair

9. Office Space

7 Tips Mendesain Kantor di Rumah - Interior kantor rumah - Office Space

10. Primary Palette

7 Tips Mendesain Kantor di Rumah - Interior kantor rumah - Primary Palette

11. Room With a View

7 Tips Mendesain Kantor di Rumah - Interior kantor rumah - Room With a View

12. Secret Project

7 Tips Mendesain Kantor di Rumah - Interior kantor rumah - Secret Project

13. Side by Side

7 Tips Mendesain Kantor di Rumah - Interior kantor rumah - Side by Side

14. Split Personalities

7 Tips Mendesain Kantor di Rumah - Interior kantor rumah - Split Personalities

15. Studying the Blues

7 Tips Mendesain Kantor di Rumah - Interior kantor rumah - Studying the Blues

16. Style Revival

7 Tips Mendesain Kantor di Rumah - Interior kantor rumah - Style Revival

17. The Great Wall

7 Tips Mendesain Kantor di Rumah