Cara Identifikasi Font

Inilah kami akan bagikan cara identifikasi font dengan tepat. Bagaimana caranya meng-identifikasi dan mengenali suatu jenis huruf atau font? Cara praktis adalah gunakan navigator yang ada pada software desain grafis seperti Corel Draw. Jika menggunakan Adobe Illustrator? Apalagi jika font tersebut sudah dikonversi menjadi kurva vector? Nah pada kasus demikian maka Anda membutuhkan font identifier yang bekerja dengan algoritma optical character recognition. Artikel ini akan sedikit menjelaskan kepada Anda bagaimana cara identifikasi font.

Cara Identifikasi Font

Anda desainer? Pasti suatu saat pernah kebingungan mengidentifikasi sebuah font. Seorang kustomer meminta skets desainnya tidak berubah model huruf/font. Mungkin anda mencoba lari dari pusingnya mengidentifikasi berdasar ribuan font yang anda miliki menggunakan semacam font viewer.

Cara Identifikasi Font

Solusinya adalah menyarankan customer mengganti model huruf dengan yang mirip saja. Atau, ini dia yang paling menjengkelkan; menggambar kembali font  tersebut!

Ada ribuan font, mungkin, yang anda koleksi, dan mungkin juga anda hanya hafal namanya beberapa saja.

Dua hal solutif di atas sering saya lakukan, hingga suatu saat ada ide mendatangi benak saya untuk mengetikan  “font-identifier software” di google, dan hasilnya lumayan, saya menemukan web untuk mengidentifikasi font ini:

www.identifont.com

Pada web tersebut disediakan input bagi kita untuk menentukan font yang kita cari berdasar penampilan, kemiripan, nama dan sebagainya. Metode yang digunakan di web itu cukup bertele-tele, mulai dari menentukan bentuk beberapa huruf font yang kita maksud, bentuk karakter tertentu dan sebagainya.

Meski belum tentu ampuh terbukti, bagi desainer grafis, web tersebut sangat membantu. Mungkin kelak ada software yang bisa mengidentifikasi sebuah font berdasar database font, optical character recognition, dan quick scan.. mudah-mudahan.