Ingin Ikut Program Magang di Jepang? Pastikan Ketahui Hal – Hal Penting Ini Dulu!

Pergi ke Jepang dan kerja di sana untuk jangka panjang pasti jadi impian banyak orang. Untuk capai cita – cita tersebut, banyak jalan yang dapat dicoba. Salah satunya adalah menggunakan program magang di Jepang.

Untuk sukses rekrut program magang tersebut, Anda harus pastikan memiliki pengetahuan cukup dan melakukan persiapan yang pas. Karena itu, pastikan baca dulu artikel ini untuk dapat mengetahui hal – hal penting dalam ikut program magang di negeri sakura ini!

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Magang di Jepang

Agar tidak kaget dan dapat langsung mempersiapkan diri untuk siap magang, ada beberapa hal penting yang wajib Anda ketahui. Berikut adalah beberapa hal yang harus selalu Anda ingat, pelajari dan persiapkan sebelum ambil program magang ini!

Tingkat Persaingan Tinggi dan Penuh Tantangan

Banyak orang ingin magang pergi ke Jepang. Hal ini membuat persaingan pada program seleksi umumnya ketat. Program yang ditawarkan untuk magang tentu saja terbatas. Terkadang tiap proses seleksi, hanya mengambil 5 sampai 10 orang saja dari ratusan orang yang mendaftar magang.

Realitas ini perlu Anda ketahui agar tahu seberapa besar peluang diri untuk masuk rekrut program magang. Pastikan berikan yang terbaik jika ingin dipilih. Jika sudah tahu tantangan yang harus dihadapi, umumnya, persiapan yang Anda lakukan pasti lebih matang.

Proses Persiapan Sebelum Magang Panjang

Proses tahapan magang sampai ke Jepang itu panjang. Tahapan ini dapat meliputi:

  • Pembekalan pra seleksi yang berupa brifing awal untuk melatih bahasa Jepang dan pengetahuan seputar Jepang.
  • Proses pendaftaran yang melibatkan dokumentasi serius seperti visa, surat keterangan keluarga dan berbagai hal lain yang di syaratkan untuk program.
  • Proses seleksi yang melibatkan tes fisik, tes akademik dan tes psikologis.
  • Proses wawancara yang lebih mendalam untuk memastikan peserta siap dan sesuai dengan ekspektasi program magang.
  • Proses pemeriksaan kesehatan. Tahapan ini akan mengukur seberapa baik fisik Anda dan apakah sudah sesuai untuk magang di Jepang.
  • Proses diklat magang. Hal ini melibatkan pelatihan dan pengajaran sebagai persiapan agar saat di Jepang, peserta memiliki skill yang matang untuk langsung kerja.
  • Proses terakhir adalah berangkat dan magang di Jepang.

Dari banyak tahapan ini, Anda harus siap melakukannya sampai selesai. Umumnya proses dari awal sampai berangkat magang ke Jepang dapat habiskan beberapa bulan.

Budaya Kerja di Jepang Lebih Berat

Hal lain yang perlu diketahui adalah budaya kerja Jepang sangat berbeda dengan Indonesia. Di sana, kerja harus lebih serius dan tidak boleh main – main. Kebanyakan orang bahkan rela ambil banyak lembur demi pekerjaan beres tepat waktu.

Jika melihat kondisi ini, Anda harus siap benar untuk masuk kerja di sana. Walaupun berstatus magang, Anda tetap harus menyesuaikan diri dengan budaya kerja yang lebih berat tersebut.

Usahakan Siap Mental dan Fisik

Saat tes magang, Anda akan dinilai dari segi mental dan fisik. Karena itu, pastikan memiliki mentalitas yang baik dan fisik yang sehat. Usahakan jangan stress sebelum mendaftar magang dan jalani rutinitas hidup sehat. Sedikit saja ada masalah di mental dan fisik Anda, kesempatan magang ke Jepang bisa kandas.

Masyarakat Jepang Sangat Anti Tato dan Tindik

Program magang di Jepang umumnya memberi syarat tidak bertato ataupun bertindik. Hal ini karena masyarakat Jepang sangat tidak suka hal ini. Mereka yang memiliki tato ataupun tindik, dipandang memiliki sejarah kriminal. Karena itu, pastikan tubuh bersih dari tindik dan tato jika ingin ikut program magang ini.

Kondisi Cuaca Jepang Bisa Ekstrem

Jepang memiliki masalah cuaca ekstrem yang tinggi. Hal seperti badai salju di musim dingin, gelombang panas di musim panas dan juga badai hujan besar, sering sekali terjadi. Pastikan Anda siap adaptasi dengan cuaca seperti ini jika magang di negara tersebut.

Pastikan Belajar Rute Transport Bus, Subway dan Kereta

Jika ikut magang ke Jepang, Anda harus belajar soal transportasi di sana juga. Jepang sangat menyukai penggunaan kendaraan umum seperti bus, subway dan kereta. Setiap kendaraan ini memiliki rute tersendiri dan Anda wajib belajar rute tersebut untuk keperluan transportasi selama di Jepang.

Pastikan Bisa Bahasa Jepang Sampai Level Percakapan

Bila ingin lancar magang di Jepang, pastikan bisa bahasa Jepang juga. Minimal bisa menggunakannya sampai level percakapan. Kemampuan ini dapat membantu dalam hal sosial dan juga bekerja.

Selain mengasah kemampuan bercakap dengan bahasa Jepang, pastikan juga dapat membaca kanji. Latihan membaca kanji akan makan proses lama, tapi sangat penting dalam kehidupan sehari – hari di Jepang.

Mulai dari rambu dan tulisan di jalanan pasti pakai kanji. Jadi jika cari tempat ataupun mencari informasi di jalan, kemampuan baca kanji harus lancar. Jangan sampai Anda tersesat di jalan hanya karena tidak bisa baca tanda nama tempat yang dituju.

Budaya Jepang Lebih Rigid dan Banyak Formalitas

Banyak orang mengundurkan diri dari program magang di Jepang karena bertabrakan budaya. Di Jepang, hampir semua hal memiliki aturan dan formalitas tersendiri. Mulai dari tata cara bicara dengan pihak yang lebih tua, tata cara makan dan juga budaya formalitas di sini lebih rigid.

Jika sampai melanggar salah satu formalitas ini, Anda akan dicap sebagai orang yang tidak sopan. Tentu saja melakukan beberapa kesalahan pasti masih ditolelir orang pihak sana, tapi jika sampai diulang – ulang, masalah akan makin runyam.

Mendapatkan cap tidak sopan ini dapat merusak hubungan sosial Anda di tempat kerja dan juga dengan lingkungan di Jepang. Jadi pastikan belajar seputar budaya dan formalitas ini sebelum terlambat.

Pastikan Semua Dokumentasi Beres Untuk Visa Luar Negeri

Sebelum ikut program magang sampai Jepang, pastikan dokumentasi dan surat penting Anda beres. Hal seperti visa, surat transmigrasi dan lain – lain harus diurus secara rinci. Pihak Jepang sangat teliti dan lebih hati – hati seputar urusan transmigrasi ini, jadi jika tidak hati – hati, permohonan magang Anda bisa saja ditolak.

Persiapkan Sistem Pembayaran Khusus Untuk Tinggal di Jepang

Untuk hidup di Jepang, kebutuhan uang tidak bisa disamakan seperti Indonesia. Di Jepang, hampir semua orang menggunakan kartu tunai dan bukan kartu ATM. Jika ingin cash, lebih baik ambil di bank dan tidak melalui ATM. ATM di Jepang tidak 24 jam dan memotong banyak anggaran jika digunakan.

Lebih aman menggunakan sistem pembayaran khusus seperti kartu tunai, e wallet, kartu kredit ataupun NFC untuk hidup di Jepang. Menggunakan cash umumnya lebih diterima, tapi untuk gunakannya Anda harus rutin ambil di bank.

Rekomendasi Program Magang Jepang yang Menarik!

Untuk lowongan magang Jepang yang sebentar lagi terbuka, Anda bisa coba program dari Tensai Karawang. Menurut post dari Instagram mereka,  pembukaan untuk magang ini akan mulai pada 2 Februari 2023 mendatang.

Jika butuh informasi lebih lengkap ataupun mendaftar, disarankan hubungi langsung di kontak 0896-1157-4857. Anda juga bisa cek website utama mereka untuk mencari update dan informasi tambahan peluang magang ke depannya!

Untuk peluang di tahun 2023 ini, lowongan magang difokuskan untuk mereka yang tertarik pada:

  • Manufaktur
  • Pertanian
  • Kaigo atau Care Giver

Jika semisal Anda tertarik dengan program magang di Jepang yang sebentar lagi akan dibuka ini, sangat disarankan mendaftar mulai dari sekarang. Jangan lupa persiapkan hal – hal yang sudah dibaca di atas agar pasti lulus seleksi dari program magang ini!